Posted by : jen Saturday, December 8, 2012

Untitled

Backlink, sebuah kata yang menjadi momok untuk para blogger. Mungkin ada sebagian blogger yang tidak peduli akan backlink terhadap blognya. Atau sebagian diantaranya malah belum tahu benar apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkannya, tetapi pernah mendengar istilah backlink tersebut. Oleh karena itulah di postingan yang singkat ini saya akan menjelaskan secara singkat apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan dengan cepat khusunya blog/web baru.

Backlink merupakan suatu bagian integral dari meningkatkan rank alexa, google pagerank, dan kunjungan suatu pengunjung terhadap blog kamu. Memang, masih sebagian blogger mengabaikan tentang backlink, namun tahukah kalian jika backlink akan menjadi hal yang sangat sangat menguntungkan apabila di kelola dan dilakukan dengan benar. 

Sebutlah jika blog yang kamu kelola memiliki konten yang berkualitas tinggi dan tema yang terkesan 'wah'. Namun jika kamu sudah membuatnya dengan susah payah dan tanpa bisa di indeks dan di baca oleh para pengunjung situs, lalu buat apa membuat konten yang bagus ?. Konten yang bagus ditambah dengan membangun suatu backlink adalah kombinasi yang pas dan tepat untuk sebuah blog yang bagus.

Oke cukup sudah basa-basinya, kali ini saya akan memberikan 5 tips untuk mendapatkan backlink dengan cepat khususnya untuk blog yang masih 'seumur jagung'.

1. Bertukar Link Dengan Blog Yang lain


Cara ini adalah cara yang termudah karena kita tidak membutuhkan usaha yang keras. Untuk bertukar link dengan blog orang lain pun cukup simpel. Kita tinggal menghubungi admin blog yang kita tukar linknya dengan kita entah itu lewat email, chat, atau komentar. Kemudian saling memasang link blog/web di masing-masing blog. Saya sarankan tukarlah link dengan blog yang berpagerank lebih tinggi dari blog kamu. Misalnya, blog yang berpagerank 0 bertukar link dengan blog yang berpagerank 1 dan yang berpagerank 1 bertukar link dengan blog berpagerank 2, dst. Dan untuk kamu yang ingin bertukar linkdengan blog hzndi, silakan klik link disini (klik skip ad setelah 5 detik).
2. Menjadi Penulis Tamu

Menjadi penulis tamu pada suatu blog adalah cara yang bagus juga untuk membuat backlink dengan cepat. Penulis tamu itu sendiri adalah seorang pengelola blog/web yang bersedia menulis sebuah postingan di sebuah blog orang lain dengan persetujuan dari admin blog yang bersangkutan. Bayangkan jika postingan yang anda tulis di terbitkan di blog yang ber-PR 3,4,5 atau lebih, tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri untuk kamu. 

Dan untuk mendapatkan persetujuan dari sang admin, postingan yang kita tulis haruslah berkualitas, berbobot, tepat sasaran dan yang paling penting adalah hasil karya sendiri bukan hasil copas atau orang lain. Di bagian deskripsi penulis saat menjadi penulis tamu suatu blog tentunya akan menempatkan link blog kamu yang mana akan menjadi sebuah backlink nantinya. Manfaat dari menjadi penulis tamu bukan hanya itu, kita jadi belajar untuk menjadi penulis yang handal. Bagi yang tertarik untuk menjadi penulis tamu di blog saya, bisa klik link ini.
3. Berkomentar di Blog Orang Lain

Mengomentari blog orang lain tampaknya sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian blogger karena mereka memilih untuk mengisi chatbox daripada berkomentar. Padahal dengan berkomentar memiliki banyak keuntungan. Selain dapat backlink, berkomentar juga akan menambah jumlah pengunjung, jumlah komentar di postingan kita juga pasti akan banyak, karena sang admin yang blognya sudah kita beri komentar pada postingannya tidak akan segan-segan untuk berkomentar balik di blog kita tanpa harus meminta balik komenta.

Terlebih lagi jika kita menemukan blog yang memasang plugin commnetLuv di blognya. Hal ini akan menjadi keuntungan yang besar pada kita untuk membangun backlink (Soal CommentLuv akan saya bahas di postingan selanjutnya). Yang harus kamu lakukan hanyalah berkomentar pada blog yang memasang plugin commentLuv, kemudian tinggalkan komentar kamu di blog tersebut dengan kata kunci yang bersamaan dengan nama asli anda dan URL Blog kamu. Oh iya, jangan kesampingkan pula berkomentar pada blog do-follow yang ber-PR tinggi. Cara ini akan dengan cepat mendatangkan backlink di blog kamu.
4. Aktif di Forum

Cara lain untuk mendapatkan backlink dengan cepat adalah aktif di Forum. Tentu saat pendaftaran di forum tersebut, kamu akan diminta alamat url blog/web kamu. Di forum pun terdapat sesi tanya jawab atau membuat thread tertentu. Yang mana apabila suatu thread yang kamu buat berdasarkan postingan blog kamu, akan membawa para pembaca thread yang kamu buat menuju situs yang kamu kelola. Jadi dapat 2 keuntungan deh, dapa backlink sekaligus trafik pengunjung :) Oh iya, saya menyarankan kamu untuk daftar di forum-forum ber-PR tinggi dan DoFollow
5. Pemasaran Artikel

Setelah membuat suatu postingan, usahakan submit artikel/post yang kamu buat ke penyedia direktori artikel seperti Articlesbase.com atau Goarticles.com, Ezinearticles.com dll. Usahakan buatlah artikel sebagus mungkin sehingga bermanfaat untuk kamu dan juga pembaca.
Kesimpulan

Ah...Backlink memang sangat bermanfaat untuk blog kamu sehingga sangat penting bagi kamu untuk melakukannya. Jadi, mulailah dari sekarang membangun backlink untuk blog kamu :)

Leave a Reply

Tolong hargai artikel ini dengan memberi saran/komentar yang baik.
Sehingga penulis yang membuat artikel ini lebih bersemangat lagi untuk membuat artikel menarik lainnya, tetapi sebelum memberikan saran/komentar kalian harus ikuti peraturannya :

1. Dilarang spam.
2. Jika ingin berkomentar harus sesuai dengan artikel yang kalian baca.
3. Komentar yang tidak nyambung dengan artikel akan saya hapus.
4. Dilarang berkomentar yang berbau unsur : Menghina, Mencari Keributan Dan Sex.

Sekian Dan Terimakasih
"Blog ini sudah saya buat DOFOLLOW sehingga jika kalian berkomentar maka kalian akan mendapatkan backlink, maka sering-seringlah berkomentar."

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Mengenai Saya

- Copyright © 2014 Daniel Hasugian -Blog Daniel- Powered by Djogzs - Designed by Andy -Re-design by Slow lifer out-RE-Design Again By Daniel Hasugian -