Posted by : jen Tuesday, January 21, 2014



Mengubah ukuran halaman blog pada template bawaan secara keseluruhan penting untuk diketahui. Apalagi jika anda memakai / download template dari situs-situs penyedia template untuk blogspot (bukan template bawaan blog pada saat anda memulai membuat blogspot).

Dari setiap template yang ada memiliki ukuran yang berbeda, baik itu halaman blog, header, post body, silebar, dan footer. Karena setiap template yang dibuat oleh para designer mempunyai style yang berbeda.




Bila kita tidak merasa cocok dengan ukuran ruang template yang ada, kita bisa merubahnya dengan ukuran yang kita inginkan. Supaya lebih jelasnya lihat gambar berikut:


Langsung saja kita ke TKP:
Login terlebih dahulu kehalaman blog. 
Sekarang masuk kehalaman Edit HTML, dengan cara pada bagian Dashboard pilihTemplate-->Edit HTML. (Saya sarankan download terlebih dahulu template lengkap anda sebelum mulai mengedit) 
Jangan lupa centang Expand Widget Templates. 
Sekarang cari contoh script dibawah ini: (untuk lebih mudahnya tekan tombol F3) 



#outer-wrapper{width:660px;

-----------------

#header-wrapper{width:660px;

-----------------

#main-wrapper{width:410px;

-----------------

#sidebar-wrapper{width:220px;

-----------------

#footer-wrapper{width:660px;

(Secara keseluruhan kode CCS tiap masing-masing template berbeda-beda, saya hanya memberikan contohnya saja. Kejelian sangat diperlukan saat mengubah isi CCS)




Keterangan kode:

#outer-wrapper: kode CCS untuk lebar halaman blog.

#header-wrapper: pada beberapa template bagian header ini ada juga yang terbagi dari 2, maka kode CSSnya juga ada 2 seperti ini #header dan #header2. Yang membedakan posisinya adalahfloat right dan float left.

#main-wrapper: kode CCS untuk lebar posting blog.

#sidebar-wrapper: pada template tertentu sidebar terkadang juga ada lebih dari 1. Jadi dalam template ada beberapa kode sidebar yang ditulis secara urut seperti #sidebar-wrapper,#sidebar1-wrapper atau #sidebar1 dan #sidebar2.

#footer-wrapper: kode CCS untuk lebar footer.



Selanjutnya untuk melakukan perubahan ukuran, perhatikan kode CCS yang diberi warnamerah, ubahlah sesuai lebar yang anda inginkan. Untuk memperlebar anda dapat menambah nilainya, sedangkan untuk memperkecil anda dapat mengurangi nilainya. (Jika tidak perlu adanya perubahan maka ya jangan diubah nilainya) 
Sebelum disimpan saya sarankan klik Pratinjau terlebih dahulu, untuk mengetahui sesuai atau tidaknya ukuran yang anda ubah. 
Jika sudah sesuai klik Simpan Template. 
Selesai dan lihat hasilnya. 

Demikian yang dapat saya sampaikan, komentar anda sangat berarti untuk saya.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Tolong hargai artikel ini dengan memberi saran/komentar yang baik.
Sehingga penulis yang membuat artikel ini lebih bersemangat lagi untuk membuat artikel menarik lainnya, tetapi sebelum memberikan saran/komentar kalian harus ikuti peraturannya :

1. Dilarang spam.
2. Jika ingin berkomentar harus sesuai dengan artikel yang kalian baca.
3. Komentar yang tidak nyambung dengan artikel akan saya hapus.
4. Dilarang berkomentar yang berbau unsur : Menghina, Mencari Keributan Dan Sex.

Sekian Dan Terimakasih
"Blog ini sudah saya buat DOFOLLOW sehingga jika kalian berkomentar maka kalian akan mendapatkan backlink, maka sering-seringlah berkomentar."

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Mengenai Saya

- Copyright © 2014 Daniel Hasugian -Blog Daniel- Powered by Djogzs - Designed by Andy -Re-design by Slow lifer out-RE-Design Again By Daniel Hasugian -